Komputer Tablet dari Apple (iPad)

I. PENDAHULUAN

             Seiring perkembangan zaman yang semakin canggih, kemajuan teknologi di berbagai bidang juga menunjukkan kelebihan dan kemajuannya. Salah satunya adalah teknologi dalam bidang komputer. Komputer pada masa ini sudah menjadi bagian sehari-hari yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan. Kehidupan manusia pada saat ini nampaknya sudah tidak dapat lagi dilepaskan dari teknologi komputer. Bahkan banyak peralatan berbasis komputer saat ini yang umum digunakan dan dimiliki oleh masyarakat, misalnya Personal Data Assistant (PDA), Global Position System (GPS), Mobile Computer (Desktop, Notebook, Tablet PC), Mobile Phone (HP), translator, dan sebagainya.

            Perkembangan ilmu teknologi komputer semakin maju. Sejak dirintis pertama kali oleh Babbage sebagai bapak komputer pertama kali. Dari yang ukuran besar dan berton-ton beratnya hingga sekarang komputer bisa dibawa kemana-mana. Bahkan ada yang bisa dimasukkan ke dalam saku seperti handphone dan bisa mengakses internet. Begitu juga yang akan ditulis kali ini adalah ‘komputer tablet’ yang baru-baru ini sering disebut sebagai teknologi baru yang lebih canggih, praktis dan lengkap.

II. ISI

Komputer Layar Sentuh dari Apple (iPad)

              Komputer tablet atau ringkasnya tablet, adalah suatu komputer lengkap yang seluruhnya berupa layar sentuh datar. Ciri pembeda utamanya adalah penggunaan layar sebagai piranti masukan dengan menggunakan stiluspena digital, atau ujung jari, alih-alih menggunakan papan ketik atau tetikus. Sejumlah komputer tablet rata-rata dilengkapi keyboard virtual yang bisa ditampilkan di layar. Beberapa produk ada yang dilengkapi program untuk mengenali tulisan tangan. Komputer tablet yang tak memiliki keyboard ini sering disebut komputer tablet murni. Selain itu komputer tablet juga dirancang lebih tipis dan lebih ringan dibandingkan netbook, komputer tablet dengan mudah dimasukkan dalam tas kecil atau bahkan dompet yang menjadikan mereka menjadi piranti jinjing yang diidamkan. Rata-rata komputer tablet ini juga menawarkan kemampuan untuk membaca e-mail, browsing dan berselancar di internet dengan lebih sederhana.

           MI memperkenalkan versi Windows XP untuk komputer tablet yang disebutnya Tablet PC pada tahun 2000, sedangkan Apple baru meluncurkan versi komputer tabletnya pada tahun 2010 dengan nama iPad. Pada tahun 2011 Samsung meluncurkan versi komputer tablet Galaxy Tab 7 dan 10.1(P7100).

         Komputer tablet yang mulai marak di pasaran dan berhasil menarik perhatian user di Indonesia terutama tablet keluaran dari Apple yaitu Apple iPad. Harga pembukaan untuk peluncuran perdana Apple iPad ini sekitar 4 jutaan. Namun, dari harga sebesar itu, ternyata Apple iPad masih terdapat beberapa kelemahan dan kekurangan dari segi fiturnya dibanding dengan gadget netbook. Adapun beberapa kelemahan dari Apple iPad ini adalah tidak dilengkapi kamera, tanpa Adobe Flash, tidak bisa multitasking, layarnya memiliki ukuran yang mungil (9,7 inchi), tidak menggunakan system operasi Mac OS, kapasitas penyimpanan yang kurang besar, baterai tidak mudah diganti, dan tidak memiliki port HDMI.

III. PENUTUP

            Demikian yang dapat dipaparkan mengenai materi yang menjadi pokok bahasan dalam tulisan ini, tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahannya, kerena terbatasnya pengetahuan dan kurangnya rujukan atau referensi yang ada hubungannya dengan judul tulisan ini.

Penulis banyak berharap para pembaca yang budiman memberikan kritik dan saran yang membangun kepada penulis demi sempurnanya tulisan ini. Semoga tulisan ini berguna bagi penulis pada khususnya juga para pembaca pada umumnya.

One thought on “Komputer Tablet dari Apple (iPad)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s