Belajar dengan cara SKS

Belajar dengan cara SKS alias Sistem Kebut Semalam. Situasi menuntut kita harus belajar secara SKS? Kalau belajar seminggu sebelum ujian nanti waktu ujian jadi lupa, bagaiman kita mengatasinya?

Berarti kita harus tahu gimana caranya belajar SKS tapi hasilnya tetep OK.                           

Waktu

  • Jangan belajar sampai terlalu larut. Untuk itu pelajari dulu materi-materi yang sering dibahas dosen di kelas. Dosen pada umunya membuat soal dari materi yang beliau ingat alias yang sering dibicarakan. Slide mungkin bisa jadi pilihan bagus untuk didahulukan daripada diktat.
  • Belajar terlalu larut apalagi begadang sampai pagi bisa menyebabkan kita terkantuk saat ujian. Coba pikirkan, bagaimana seandainya soal ujian yang susah ditambah rasa kantuk yang menyerang saat ujian? Tentu akan membuat situasi makin kacau.

 Bahan ujian

  1. Kita harus tahu bab-bab yang menjadi bahan ujian
  2. Persiapkan diktat, slide dan semua bahan bacaan yang ada hubungannya dengan bab-bab tersebut. Paling tidak ada satu bahan bacaan untuk setiap bab bahasan.
  3. Kalau punya soal-soal tahun lalu sebaiknya dibaca terlebih dulu untuk mengetahui bentuk soal yang akan dihadapi, tapi jangan terpaku pada soal terutama untuk mata kuliah dengan hitungan.
  4. Beralih ke bahan bacaan, materi tiap BAB dilihat sekilas, diingat poin-poin pentingnya (judul subBAB yang tulisannya tebal)
  5. Jika waktu masih memungkinkan, semua bahan yang ada dibaca dan dipahami bukan dihafal. Yang perlu dihafal judul per subBAB dan bahan yang sering diulang dosen. Judul per subBAB kadang bisa membantu kita mengingat materi yang dibaca dengan patokan letak. Disamping itu, saat menemui soal yang sukar sehingga kita harus menjawab asal-asalan, jawaban asal-asalan kita tidak terlalu jauh dari materi bahkan bisa saja jawaban kita benar.
  6. Jika waktu belajar sangat-sangat terbatas, kita bisa mencari jawaban untuk soal-soal tahun lalu sembari membaca materi-materi di sekitar jawaban tersebut. Namun biasanya akan cukup susah jika kita belum membaca materi secara keseluruhan.

 Pada saat ujian

  1. Gabung dengan teman-teman yang sedang membahas materi kadang bagus karena materi-materi yang kita tidak tahu jadi tahu, tetapi syaratnya kita harus tetap relax karena biasanya kita jadi ngerasa blank alias lupa semua materi yang udah dibaca.
  2. Harus Percaya Diri
  3. Jangan lupa berdoa
  4. Kerjakan soal sesuai urutan karena terkadang soal yang berurutan BABnya sama jadi jawabannya bisa dikira-kira.
  5. Kalau ada soal pilihan ganda yang susah. Pilihan yang pertama kali terpikirkan langsung ditandai. Tapi jangan dijawab di lembar jawaban dulu.
  6. Kerjakan dengan teliti soal-soal yang bisa dikerjakan. Pastikan jawabannya benar.
  7. Selanjutnya baru memikirkan soal-soal yang susah.

Mungkin segitu saja saran – saran yang bisa dibagikan. Karena semua orang pasti punya cara belajar masing-masing. Jadi, buat dirimu senyaman mungkin saat belajar, tapi tetep berusaha untuk membuat orang juga nyaman belajar dekat dengan kita. Tetap semangat! Semoga tips ini bisa bermanfaat buat pembaca.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s