Mengelola Kebutuhan Pribadi dengan Prioritas Kebutuhan

Permasalahan yang sering dihadapi pada kondisi ekonomi sekarang ini adalah bagaimana kita bisa mengolah keuangan untuk menyeimbangi apa yang menjadi kebutuhan diri kita. Kita dituntut menjadi pintar dalam mengelola keuangan, sehingga apa yang menjadi prioritas ataupun tidak dapat terpenuhi tanpa harus mengalami kekurangan pada pendapatan yang kita peroleh dan menjadikan kita lebih menghargai uang yang kita peroleh dengan kerja keras. Berikut hal-hal yang dapat membantu kita dalam mengelola keuangan untuk kebutuhan pribadi dengan prioritas kebutuhan :

1. Perencanaan

Membuat daftar perencanaan, kebutuhan apa saja yang kita perlukan dengan catatan memprioritaskan apa yang menjadi kebutuhan primer sehingga dapat membedakan mana yang menjadi kebutuhan prioritas atau tidak. Perencanaan tersebut harus sesuai dengan pendapatan yang akan kita terima.

2. Mencatat pengeluaran harian

Tanpa disadari, pengeluaran-pengeluaran kecil dapat membuat pengeluaran kita tidak sesuai dengan perencanaan sehingga untuk menghindari hal tersebut, catatlah pengeluaran harian baik kecil maupun besar karena dengan begitu, kita akan tahu berapa jumlah uang yang kita keluarkan dan dapat mengetahui adakah pengeluaran yang seharusnya tida perlu kita lakukan.

3. Menabung

Menyisihkan sebisa mungkin uang yang kita dapat, tidak harus dengan jumlah yang besar. Hal ini akan sangat berguna jika kita mempunyai kebutuhan yang sangat mendesak dan sangat membutuhkan uang. Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengolah uang kita dengan menabung, seperti : bank, celengan, asuransi, dan lain-lain.

4.  Manajemen hutang

Jika dikondisikan kita untuk berhutang, maka hal yang perlu diperhatikan adalah jumlah yang benar-benar kita butuhkan dan kita perhitungkan bunganya dan kesanggupan cara kita membayarnya. Cara pembayaran hutang ada yang cash maupun kredit, kemungkina kita akan dapat dihadapkan 2 cara tersebut, yang harus diperhatikan adalah kesanggupan kita dilihat dari jumlah pendapatan yang kita terima sehingga walaupun kita berhutang, tetap bisa memenuhi kebutuhan prioritas kita.

5. Hemat dan Sederhana

Hal yang paling penting dalam mendukung perekonomian kita adalah gaya hidup, maka dengan hidup hemat dan sederhana menjadikan kita lebih menghargai uang sehingga apa yang kita peroleh dengan susah payah tidak terbuang dengan sia-sia.

Maka dari itu dengan menjalankan cara-cara tersebut di atas semoga kita bisa mengelola uang dengan sebaik-baiknya dari sekarang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s