Menulis dengan Proses Berpikir

Menulis adalah suatu kegiatan yang bertujuan untuk menuangkan pikirannya untuk menciptakan suatu catatan atau informasi pada suatu media dengan menggunakan aksara. Media yang digunakan untuk menulis saat ini sudahlah sangat beragam mulai dari kertas sampai dengan media elektronik seperti komputer. Dengan menulis biasanya seseorang dapat menyampaikan suatu informasi yang dianggapnya penting. Menulis merupakan suatu kegiatan yang dapat dilakukan oleh semua orang. Namun tidak semua orang dapat menulis dengan proses berpikir.

Menulis dengan proses berpikir memerlukan persiapan yang cukup. Hal pertama yang dibutuhkan dalam menulis dengan proses berpikir adalah kemauan. Kemauan merupakan hal dasar yang dibutuhkan oleh seseorang untuk melakukan suatu kegiatan (tidak hanya untuk menulis saja). Kemauan tidak hanya berasal dari dalam diri seseorang tetapi kemauan bisa juga berasal dari luar. Sebagai sebuah contoh seorang penulis diharusnya menyelesaikan karyanya dalam tenggang waktu yang relatif singkat. Hal kedua yang dibutuhkan dalam menulis adalah bahan tulisan yang komplit. Bahan tulis sangat tergantung pada tujuan atau pokok masalah yang akan ditulis. Untuk suatu tulisan yang bersifat pribadi, data yang kita butuhkan bukanlah suatu hal yang perlu dipikirkan dengan sangat matang. Namun hal ini akan sangat berbeda jika tulisan kita akan dikonsumsi oleh umum apalagi sampai digunakan untuk sebuah kegiatan yang bersifat ilmiah. Suatu tulisan ilmiah memerlukan data yang valid dan dapat dipertanggungjawabkan. Data-data ini dapat kita peroleh melalui pengamatan lapangan, hasil tulisan ilmiah atau dari hasil wawancara dengan orang orang yang ahli dibidang tersebut.

Setelah memiliki kemauan dan bahan tulisan , tahap berikutnya adalah memulai untuk menulis. Menulis memerlukan suatu proses berpikir yang baik dan sistematis sehingga pembaca dapat memahami maksud dan tujuan yang ingin disampaikan oleh si penulis. Seorang penulis yang baik dituntut untuk memiliki perbendaharaan kata yang baik. Selain itu, seorang penulis harus memiliki kemampuan berpikir yang logis agar dapat menghubungan berbagai macam fakta yang ditemukan dilapangan menjadi suatu bentuk untaian kalimat yang menarik minat para pembaca. Oleh karena itu, seorang penulis sebaiknya telah memahami betul ruang lingkup dari objek yang akan dia tulis.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s