Tips Penulisan Ilmiah

Masa Perkuliahan adalah masa dimana lebih dalam lagi untuk menuntut ilmu sesuai jurusan yang telah kita ambil, baik untuk jenjang D3, ataupun S1. Semester demi semester telah dilewati dengan berbagai macam mata kuliah. Namun, pada semester 6 akan adanya tugas perorangan untuk membuat sebuah penelitian yang disebut Penulisan Ilmiah/Tugas Akhir. Penulisan Ilmiah merupakan suatu cara untuk memperoleh fakta atau prinsip yang dilakukan dengan teliti, jelas, sistematis dan dapat dipertanggungjawabkan. Di dalam Penilisan Ilmiah akan ada Dosen Pembimbing yang akan menuntun untuk membuat penelitian yang baik, sesuai dengan yang telah ditentukan. Terkadang akan sulit memikirkan inspirasi tentang penulisan apa yang akan dibuat. Sampai pemikiran tersebut membuat waktu terbuang percuma. Berikut adalah tips langkah-langkah Penulisan Ilmiah:

  1. Membuat Judul

Judul adalah nama yang dipakai untuk buku. Jika sudah mengetahui judul, maka akan sangat mudah melanjutkan rancangan berikutnya. Sangat sulit untuk menentukan judul, karena dari judul itulah yang membuat sebuat Penulisan berkembang lebih lanjut. Walaupun judul dibuat panjang, buatlah judul yang efektif. Jangan lupa untuk sering berkonsultasi kepada Dosen Pembimbing.

  1. Menentukan instrument

Sesudah menentukan judul, persiapkan apa saja yang diperlukan, seperti buku-buku atau contoh Penulisan Ilmiah dari mahasiswa yang sebelumnya sudah membuatnya untuk referensi. Ambil contoh-contoh seperti teknik penulisan, sistem pembuatan, apa saja yang harus dilakukan, cara bagaimana membuatnya. Akan tetapi jangan menjiplak apa yang sudah dibuat oleh orang lain, cukup mengambil teknik pelajaran dan membuatnya sendiri. Karena Penulisan tersebut harus dapat dipertanggungjawabkan.

  1. Menguasai apa yang dibuat

Tidak menguasai Penelitian yang dibuat, akan sangat sulit untuk mempelajarinya. Untuk   itu buatlah sesuai dengan kemampuan. Apabila ada hal yang tidak diketahui, seringlah bertanya kepada teman-teman yang menguasai bidangnya. Walaupun berbeda jurusan, jangan malu untuk bertanya. Karena semua pengetahuan yang didapat nanti akan sangat membantu disaat sidang nanti.

  1. Percaya Diri

Kunci utama dalam membuat suatu karya tulis adalah yakin pada diri sendiri. Percaya bahwa kita pasti bisa membuatnya. Dan yakin bahwa Penulisan Ilmiah ini akan selesai pada waktunya. Karena tahap-tahap di atas akan sangat sulit dilakukan jika tidak ada rasa keyakinan diri untuk membuatnya. Jangan takut dan memikirkan kegagalan dalam membuat.

Walaupun Penulisan Ilmiah cukup sulit, janganlah membuatnya menjadi beban yang berat. Tetap semangat dan jalani dengan keyakinan bahwa tugas tersebut pasti selesai pada waktunya. Ingat bahwa apa yang kita buat akan membuahkan hasil yang baik nantinya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s