Peran Ibu dalam Pengawasan Internet pada Anak

Batasan Topik : Teknologi Informasi (Peran Ibu dalam Pengawasan Internet pada Anak)

Sasaran Pembaca : Ibu Rumah Tangga yang tidak bekerja

Kemajuan teknologi akan mempengaruhi semua unsur kehidupan yang ada di dunia. Tidak selamanya kemajuan teknologi memberikan dampak yang positif dan tidak selamanya juga memberikan dampak yang negatif. Kemajuan ini dapat diibaratkan sebagai pedang bermata dua yang dapat digunakan untuk membantu si pengguna pedang dan juga dapat melukai si pengguna. Kedua sisi yang saling bertentangan ini harus dapat kita gunakan dengan sebaik-baiknya agar kita tidak terjerumus dalam hal-hal yang tidak diinginkan.

Sebagian besar orang tua mungkin telah melihat berbagai keuntungan menggunakan internet untuk anak-anak. Oleh karena itu penulis hanya akan membahas dampak negatif penggunaan internet pada anak.

Pengaruh buruk yang pertama adalah situs-situs yang menyiarkan tayangan-tayangan dan gambar-gambar yang berbau pornografi. Tayangan ini sangat mudah untuk diakses sehingga banyak anak yang dapat dikategorikan masih dalam usia dini sering mengaksesnya. Hal ini merupakan suatu hal pemicu utama dari perusakan moral bangsa dan penyebab seringnya pelecahan seksual yang dilakukan oleh anak-anak kepada teman sebayanya.

Pengaruh buruk yang kedua adalah penggunaan jejaring sosial secara berlebihan. Di negara-negara maju sering terjadi penyimpangan perilaku pada anak-anak. Dimana anak-anak yang menggunakan internet sebagai sarana untuk bersosialiasi secara berlebihan tidak dapat bersosialisasi dengan baik didunia nyata padahal di dunia maya mereka dapat berkomukasi secara aktif dan baik.

Pengaruh buruk yang ketiga adalah Game Online. Game Online pada dasarnya sama dengan game-game lain pada umunya. Namun didalam game online tiap-tiap pemain bisa saling berinteraksi satu sama lain. Hal utama yang membuat game ini berpengaruh buruk terhadap anak adalah biaya khusus yang harus dikeluarkan untuk memainkan game ini. Tidak jarang anak-anak berusaha mendapatkan uang dengan berbagai macam cara termasuk mencuri uang dari orang tuanya hanya agar anak tersebut dapat mengakses game kesayangannya.

Sebagai orang tua kita tidak seharusnya melarang anak-anak untuk menggunakan internet hanya karena dampak negatif yang mungkin ditimbulkannya karena internet juga dapat memberikan dampak yang baik terhadap pendidikan anak. Disinilah peran orang tua terutama ibu rumah tangga, agar dapat memberikan pengawasan yang ketat dalam penggunaan teknologi yang ada pada anak-anak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s