Berbagai Manfaat Teknologi Informasi bagi Mahasiswa

Topik : Teknologi Informasi

Sasaran Pembaca : (Mahasiswa min semester 5)

 

Pada saat duduk di bangku kuliah, pastinya akan mengalami hal-hal yang baru, pengalaman serta pengetahuan baru yang tidak didapat pada saat duduk di bangku sekolah. Semester demi semester dilewati dengan berbagai macam tugas, praktikum, serta pembuatan makalah yang tentunya sebuah informasi yang baik sangat dibutuhkan. Namun, semua informasi yang didapat tidak semata-mata hanya berasal dari dosen yang mengajar atau buku yang dipegang. Terkadang sebuah informasi berasal dari teknologi yang kita gunakan sehari-hari. Perkembangan teknologi pada saat ini sangat menakjubkan. Tanpa disadari sebenarnya kita telah menggunakan banyak sekali teknologi informasi yang telah ada pada saat ini. Namun, bisakah kita menyebutkannya satu persatu? Mungkin sebagian besar mahasiswa dapat menyebutkan komputer atau laptop karena mungkin hampir semua mahasiswa menggunakannya untuk mengerjakan tugas kuliahnya. Berdasarkan pengalaman inilah penulis hendak membahas lebih lanjut mengenai berbagai macam teknologi informasi dan kegunaannya sekedar untuk menambah pengetahuan dari pembaca

Teknologi informasi yang pertama adalah komputer. Komputer yang dimaksud disini adalah komputer yang terhubung dengan internet. Dengan penggunaan internet, mahasiswa dapat mencari berbagai macam informasi yang dibutuhkan, mulai dari informasi yang berhubungan dengan kegiatan perkuliahan sampai dengan informasi yang digunakan sebagai hiburan untuk mengisi waktu luang. Selain komputer, teknologi informasi lain yang biasa kita gunakan adalah televisi. Televisi merukapakan teknologi informasi yang menggunakan sistem penyiaran yang berupa audio visual, sehingga informasi yang dihasilkan oleh televisi berbentuk kedalam gambar dan suara. Sebagai mahasiswa informasi yang bisa kita gunakan sebagai sarana belajar adalah siaran yang menghasilkan berita.

Sebenarnya selain 2 hal tersebut masih banyak lagi berbagai teknologi informasi lain yang dapat menunjang berbagai kebutuhan mahasiswa antara lain: kamus elektronik, radio, handphone dan lain sebagainya. Banyaknya teknologi informasi ini tidak akan bermanfaat jika kita hanya sebatas memilikinya saja. Semua teknologi ini akan sangat membantu jika kita dapat memanfaatkan fungsinya secara maksimal dan tepat guna.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s