Keunggulan Android Smartphone

Tugas 03

Pada dasarnya fungsi handphone adalah untuk berkomunikasi dan mengirim pesan, dan tiap-tiap handphone memiliki fitur yang berbeda-beda mulai dari kualitas kamera hingga kapasitas memorinya. Dengan majunya teknologi yang semakin baik dari tahun ke tahun membuat semua ponsel berubah menjadi lebih bervariatif dan lebih pintar, yang saat ini disebut dengan kata smartphone. Smartphone, seringkali dihubungkan dengan kata Android, Blackberry, Iphone dan lain sebagainya. Smartphone juga banyak diminati oleh pengguna ponsel karena kelebihannya dari handphone biasa. Android adalah salah satu smartphone yang akhir-akhir ini banyak digunakan. Namun, terkadang banyak pengguna yang belum sepenuhnya memahami kegunaanya. Berikut ini penulis akan lebih mengenalkan tentang Android, keuntungan apa saja yang didapat serta kelebihannya dari smartphone lainnya.

Android merupakan perangkat lunak atau biasa disebut dengan software yang berfungsi untuk menjalankan program, karena untuk menjalankan program maka software ini adalah inti dari semua software yaitu sistem operasi. Sistem operasi dari Android ini berbasis Linux yang dibuat khusus untuk komputer seluler seperti smartphone dan komputer tablet yang setiap aplikasinya bisa diubah-ubah dan dibuat sendiri dengan bahasa pemrogaraman tertentu.

Berikut adalah keuntungan Android:

  1. Open Source

Merupakan sistem operasi terbuka (open source). Artinya, Google merilis source code Android untuk memudahkan pengembang aplikasi yang hendak menciptakan aplikasi untuk Android.

  1. Akses Mudah

Terdapat banyak aplikasi mulai dari games hingga untuk social network bisa didownload dengan gratis lewat Google Android App Market (sekarang adalah Play Shop).

  1. Setting yang mudah

Dengan adanya Widget di homescreen, bisa dengan mudah mengakses berbagai setting dengan cepat dan mudah. Sistem Android memang diluncurkan demi alasan kemudahan. pengesetan ponsel berbasis OS ini untuk keperluan sehari-hari sesuai keinginan dan aktivitas pribadi bisa dengan mudah dilakukan.

  1. Bebas Memodifikasi Sistem
    Android mengijinkan untuk melakukan jailbreaking untuk memodifikasi sistem. Selain itu juga bisa melakukan modifikasi pada ROM sistem. Ada beberapa komunitas di internet yang menjadi wadah dan menyediakan customed ROM untuk perangkat Android.  Sistem yang dapat dimodifikasi dan diinstal pada ponsel pintar bersistem Android.

Setiap kelebihan dari ponsel pasti ada kekurangan, seperti baterai yang tidak bisa awet yang disebabkan multitasking atau koneksi internet yang terlalu lama. Tetapi keunggulan Android yang lebih banyak ini membuat pengguna tetap memilih smartphone ini. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca tentang lebih dalam lagi mengenal Android smartphone dan juga bisa memaksimalkan penggunaan ponselnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s