PROPOSAL PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN MAKANAN KHAS GARUT PADA PD. ANEKA SARI DENGAN MENGGUNAKAN VISUAL BASIC .NET

Kata Pengantar

12 April 2012
Kepada Yth. Pemilik PD. Aneka Sari
Di Tempat

Dengan hormat,
Bersama dengan datangnya ini, kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak / Ibu pemilik atas kesediannya menerima proposal yang telah kami buat.
Adapun tujuan dari pembuatan aplikasi ini adalah agar transaksi penjualan berjalan dengan baik tanpa harus menggunakan sistem konfensional dan pencatatan keluar masuk gudang dapat dilakukan dengan efektif dan efisien sehingga stok barang di gudang tercatat dengan tepat melalui sebuah program aplikasi penjualan makanan khas garut pada PD. Aneka Sari.
Jika Bapak / Ibu bisa memberikan informasi tentang tidak lanjut dari proyek ini dalam waktu dua minggu (14 hari) kedepan, maka kami bisa menjalankan proyek tiga hari kemudian. Jika Bapak / Ibu memberikan informasi lebih dari dua minggu (14 hari), dikhawatirkan proyek ini berjalan kurang lancar.

Daftar Isi

Halaman Judul ………………………………………………………………………………………………………………. 1
Kata Pengantar ……………………………………………………………………………………………………………. 2
Daftar Isi ……………………………………………………………………………………………………………………. 3
Profil Perusahaan …………………………………………………………………………………………………………… 4
Latar Belakang ………………………………………………………………………………………………………………..5
Ruang Lingkup Proyek ……………………………………………………………………………………………………6
Tujuan dan Manfaat Proyek………………………………………………………………………………………………6
Batasan Masalah ……………………………………………………………………………………………………………. 7
Kegiatan yang Dilakukan ……………………………………………………………………………………………….. 7
Anggaran Biaya ………………………………………………………………………………………………………………7
Jadwal Pelaksanaan………………………………………………………………………………………………………… 8
Jaminan Purna Jual ………………………………………………………………………………………………………… 9
Referensi………….…………. …………………………………………………………………………………………… 10

Profil Perusahaan

Nama Perusahaan : LexiCom Support Intercontinental
Status Perusahaan : Perseroan Terbatas, PT

Bidang Usaha :
– Konsultan ICT (Information and communication technology) dan Security
– Jasa Pelatihan ICT dan Security

Kantor Pusat : Gedung Wiswa Akbar Lt 1, Jl. Belimbing 2 Kelapa Dua – Depok

Referensi Proyek :
– Proyek Pembuatan Aplikasi E-Toll Card Untuk Wilayah Jabodetabek
– Proyek Pengadaan Sarana Laboratorium Tik Dan Multimedia Di Berbagai

Kota
– Proyek Pengembangan ICT di lebih dari 100 perusahaan
– Pelatihan Security in mobile banking di Bank BNI, DKI, dan Century

Manajemen Perusahaan :
– Rangga Septian Putra (Presiden Komisaris)
– Rion Saputra (Komisaris)
– Tb. Rizal (Presiden Direktur)

Latar Belakang

Perkembangan dunia kepariwisataan di Indonesia didukung oleh banyaknya objek dan tempat wisata yang bisa dikunjungi oleh wisatawan. Baik wisatawan asing atau wisatawan domestik. Salah satu tempat dan objek wisata yang bisa dijadikan alternatif tujuan wisata adalah Kota / Kabupaten Garut.
Kota Garut merupakan salah satu kota yang menjadi bagian dari Provinsi Jawa Barat. Letak daerahnya berada di ujung selatan sekaligus menjadi batas dari provinsi karena berbatasan langsung dengan laut. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke kota Garut. Karena tidak hanya objek wisata yang berada di darat saja yang bisa kunjungi, akan tetapi objek wisata yang berada di air pun bisa dinikmati wisatawan.
Selain dari objek wisata yang tersedia, makanan khas merupakan salah satu hal yang tidak bisa dipisahkan dari wisatawan. Dengan adanya makanan khas daerah, wisatawan dapat lebih mengenal tempat wisata yang telah mereka datangi. Untuk daerah wisata kota Garut, ada banyak sekali pilihan makanan khas yang bisa dinikmati oleh wisatawan.
Perusahaan Daerah, dalam hal ini PD. Aneka sari merupakan perusahaan daerah yang menyediakan makanan khas Garut. Masalah muncul ketika perusahaan ini hanya menggunakan sistem konvensional untuk keperluan penjualnnya.
Misalnya saat terjadi kekurangan stok makanan, karyawati yang bekerja di toko harus melapor kepada petugas atau karyawan yang ada di gudang. Begitu juga sebaliknya, karyawan yang berada di gudang sekali-kali melaporkan jumlah stok barang di gudang kepada karyawati yang ada di toko agar mereka mengetahui makanan yang masih tersedia untuk dijual.
Namun terkadang karyawan gudang mengalami kesulitan untuk menentukan jumlah barang yang tersedia di gudang, terlebih lagi jika aliran barang yang keluar dan masuk gudang sangat banyak. Biasanya karyawan gudang melakukan pencatatan aliran barang secara manual, sehingga mengalami kesulitan dalam mengetahui berapa jumlah barang yang harus dibeli, apakah barang yang akan dijual tersedia. Informasi tentang persediaan makanan yang up to date menjadi rumit. Dengan demikian suatu sistem yang baik diperlukan untuk mengatur siklus penjualan agar proses kegiatan dalam toko tersebut dapat berjalan dengan lancar.

Ruang Lingkup Proyek

Proyek pengembangan aplikasi ini memiliki beberapa ruang lingkup yang harus dikerjakan, yaitu sebagai berikut :
1. Menganalisis dan menentukan jenis keperluan apa yang dibutuhkan.
2. Menganalisis teknologi yang harus digunakan.
3. Mendesain / membuat sebuah denah untuk kepentingan laboratorium.
4. Mengimplementasikan semua hasil analisis dan desain yang telah dilakukan.

Tujuan dan Manfaat Proyek Pengembangan

Tujuan dari pengembangan sistem ini adalah agar transaksi penjualan berjalan dengan baik tanpa harus menggunakan sistem konfensional dan pencatatan keluar masuk gudang dapat dilakukan dengan efektif dan efisien sehingga stok barang di gudang tercatat dengan tepat melalui sebuah program aplikasi penjualan makanan khas garut pada PD. Aneka Sari. Sedangkan Manfaat yang diharapkan dengan adanya pengembangan ini adalah :
1. mempermudah dalam mengetahui informasi persediaan barang dagang yang terdapat di gudang, karena persediaan barang dagang langsung di update setiap kali transaksi terjadi.
2. Pengawasan penjualan dapat dipermudah, karena apabila barang yang akan dijual kurang dari batas minimum persediaan barang di gudang, maka komputer akan memberikan informasi kepada kasir dan staf gudang akan melakukan pemesanan barang ke supplier. Selain itu, pengawasan keluar masuk barang pun dapat ditingkatkan karena informasi persediaan barang pada sistem sama dengan yang ada di gudang.

Batasan Masalah

Sesuai penjelasan pada latar belakang maka aplikasi yang dibuat akan difokuskan pada aplikasi penjualan dan ketersedian barang pada perusahaan yang meliputi transaksi penjualan, pembelian barang, dan informasi persedian barang.

Kegiatan yang akan Dilakukan

1. Melakukan wawancara kepada pihak perusahaan yang difokuskan pada tahap analisis.
2. Menganalisis kebutuhan Hardware dan Software.
3. Mendesain
4. Melakukan pembelian kebutuhan.
5. Melakukan instalasi dan pemasangan seluruh aspek yang dibutuhkan.

Anggaran Biaya

Jadwal Pelaksanaan

Jaminan Purna Jual
SURAT PERNYATAAN JAMINAN

Yang bertanda tangan di bawah ini :
1. Nama : Rangga Septian Putra
2. Penanggung Jawab : PT. LexiCom Support Intercontinental
3. Alamat Perusahaan : Gedung Wiswa Akbar Lt 1, Jl. Belimbing 2 Kelapa Dua – Depok

Dengan ini menyatakan memberi jaminan terhadap mutu dan pelayanan purna jual dari Sistem Informasi Penjualan Menggunakan Visual Basic.Net yang telah diabuat sebelumnya.

Dalam rangka pemberian jaminan dimaksud, kami menyanggupi untuk menyediakan fasilitas Maintenance / Pemeliharaan sistem selama 3 tahun pemakaian.

Demikian surat pernyataan ini kami buat dengan sebenarnya, apabila kami tidak dapat memenuhi jaminan tersebut di atas, kami bersedia untuk dituntut di pengadilan sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.

Depok,13 April 2012
Pemberi Jaminan,

Legalisasi Notaris (Rangga Septian Putra)

Referensi

1. http://v-class.gunadarma.ac.id/mod/resource/view.php?id=36065
2. http://techcomm.wikidot.com/chapter-4-visual-elements
3. http://lily.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/folder/0.22

Leave a comment